Melimit Bandwidth Menggunakan Simple Queue

Assalamualaikum wr.wb

Hai kawan, kali ini saya akan melakukan limit bandwidth pada mikrotik saya, cekidot kawan !

A. Pengertian

Kita dapat melimit bandwidth dengan menggunakan queue, cara termudah melakukan queue di Router Mikrotik adalah menggunakan simple queue. Dengan simple queue kita dapat melakukan :
  • Melimit tx-rate client (upload)
  • Melimit rx-rate client (download)
  • Melimit tx + rx-rate client (akumulasi)
B. Latar Belakang

Latar belakang melakukan limit bandwidth menggunakan simple queue ini agar kita dapat melimi bandwidth mulai dari rx (download) dan tx (upload) serta juga dapat melimit terhadap waktunya. Namun pada kali ini saya hanya melimit upload dan download.

C. Alat dan Bahan

1. Router Mikrotik
2. Kabel UTP
3. Laptop
4. Jaringan Internet

D. Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan saya melakukan limit bandwidth ini menggunakan simple queue agar saya dapat melimit bandwidth rx (download) dan tx (upload) pada hotspot dari tim prakerin dari sekolah saya. Dengan limit bandwidth ini kita diberikan batasan kecepatan dalam upload dan download.

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1.  Buka winbox dan connect dengan mikrotik yang akan kita limit bandwidthnya.
2. Pilih menu Queue --> Simple Queue --> Klik Add [+] --> Name : (nama queue) --> Target : (ip client yang akan kita limit) --> Max limit : kita lakukan limitasi terhadap upload dan download --> Apply --> OK.


3. Hasilnya seperti berikut ini :


4. Kita cek menggunakan speedtest, karena tadai kita limit sampai 512k  (upload) dan 512k (download).



F. Referensi

Kumpulan tutorial mikotik
Ebook MTCNA


G. Hasil dan Tujuan

Hasil dari limit bandwidth saya kali ini telah berhasil meskipun saya sempat mengalami kesulitan saat melakukan pengetesan pada speedtest karea bandwidth yang naik turun, mungkin itu masalah yang serin muncul ketika kita melakuakan limit bandwidth menggunakan simple queue.

Sekian dari saya, terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »