Install Cisco Paket Tracer pada Linux

Assalamualaikum wr.wb

Hai kawan, kali ini saya akan melakukan install cisco paket tracer pada laptop saya, disini saya menggunakan sistem operasi linux. Namun sebelum kita lakukan install, kita kenali dulu apa sih itu paket tracer. Cekidot !

A. Pengertian
Packet tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco System dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama cisco paket tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

B. Latar Belakang
Hal yang membuat saya menginstall cisco paket traver ini di laptop saya karena saya bersama rekan-rekan yang lain akan mengikuti workshop Cisco CCNA di BLC Telkom Klaten, sebelum mengikuti itu saya berharap say dapat mengenal cisco lebih jauh dengan menggunakan simulasi packet tracer ini terlebih dahulu. DAri packet tracer ini setidaknya saya bisa kenalan bagaimana caranya konfigurasi-konfigurasi dasar di Cisco.

C. Alat dan Bahan
1. Laptop
2. Koneksi internet
3. Software packet tracer

D. Maksud dan Tujuan
Tujuan melakukan install paket tracer agar saya tahu bagaimana konfigurasi-konfigurasi menggunakan Cisco nantinya meskipun sekarang saya baru menggunakan packet tracer. Dengan menggunakan packet tracer ini bisa mengetahui perbedaan antara router yang satu dengan yang lain. Saya bisa membuat jaringan menggunakan cisco paket tracer ini terlebih dahulu sebelum saya menggunakan router Cisco yang sebenarnya.

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan
1. Download software paket tracer
2. Buka terminal pada Linux (ctrl + alt + t)
3. Pindah direktori dimana kita menyimpan software paket tracer tersebut, disini saya simpan di direktori Downloads.
#cd /home/puji/Downloads

4. Kita beri hak akses terhadap packet tracer tersebut
#chmod +x Cisco\ Packet\ Tracer\ 6.1.1\ for\ Linux\ -\ Ubuntu\ Installation\ \(no\ tutorials\) -\ Student\ version.tar.gz

5. Kita extract paket tracer yang berekstensi .tar.gz
#tar -zxvf Cisco\ Packet\ Tracer\ 6.1.1\ for\ Linux\ -\ Ubuntu\ Installation\ \(no\ tutorials\) -\ Student\ version.tar.gz

Tunggu prosesnya hingga selesai


6. Kita pindah ke direktori packet tracer.
#cd PacketTracer611Student/

7. Kita install packet tracer mengguakan bash.
 #bash install
Setelah muncul tampilan seperti berikut tekan enter.


8. Tekan spasi hingga 100%


9. Kita masukkan Y kemudian tekan "enter"


10. Kita masukkan ke default direktori untuk packet tracer.
#/opt/pt kemudian tekan "enter"

11. Install packet tracer telah berhasil.


12. Selanjutnya masukkan perintah "bash set_ptenv.sh" tekan "enter".


13. Selanjutnya untuk membuka paket tracer kita tinggal masukkan perintah :
#packettracer

Packet tracer telah terbuka.


F. Referensi
http://kmaghrib.blogspot.co.id/2016/01/install-cisco-packet-tracer-di-linux.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer

G. Hasil dan Kesimpulan
Setalah saya install packet tracer pada laptop saya, akan saya gunakan untuk praktek mengenai cisco namun menggunakan packet tracer. Meskipun hanya simulasi, saya berharap dengan menggunakan simulasi cisco packet tracer saya bisa mengenal lebih jauh mengenai cisco.

Sekian dari saya, terima kasih.

Wassalamualikum wr.wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »