Cara Setting Access Point Menggunakan TP-Link

Assalamualaikum wr.wb

Hai kawan kali saya akan melakukan setting access point menggunakan  TP-Link sebagai access point. Cekidot !

A. Pengertian

Access point adalah suatu piranti yang memungkinkan piranti nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan wi-fi, bluetooth, atau standar lain. Wireless access point biasanya tersambung ke suatu router (melalui kabel) sehingga dapat meneruskan data antara berbagai piranti nirkabel (seperti komputer atau pencetak) dengan jaringan berkabel pada suatu jaringan. Standar yang diterapkan untuk WAP ditetapkan oleh IEEE dan sebagian besar menggunakan IEEE 802.11.

B. Latar Belakang

Latar belakang saya melakukan setting access point menggunakan TP-Link ini karena saya ingin bisa bagaimana caranya setting TP-Link, tidak hanya menggunakan router mikrotik namun saya juga harus bisa setting access point menggunakan TP-Link. Dengan menghubungkan router mikrotik dnegan access point TP-Link maka TP-Link akan berfungsi sebagai pemancar.

C. Alat dan Bahan

1. Router Mikrotik
2. Access point TP-Link
3. Kabel UTP dan RJ-45
4. Laptop
5. Jaringan internet


D. Maksud dan Tujuan

Tujuan saya melakukan setting access point menggunakan TP-Link ini agar saya bisa melakukan setting access point tidak hanya menggunakan router mikrotik, melainkan juga menggunakan perangkat lainnya. Apabila setting sudah selesai dan access point sudah terhubung dengan router mikrotik, maka kita akan bisa mengakses internet dengan menggunakan access TP-Link itu.

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Kita akan  setting TP-Link, setting ip pada laptop dengan ip address yang satu network dengan ip default TP-Link yaitu 192.168.1.254.  Address : 192.168.1.1/24, Netmask : 255.255.255.0, dan Gateway : 192.168.1.254 (ip default TP-Link).


 2. Masukkan ip address access point TP-Link pada URL "192.168.1.254", kemudian kita diminta untuk memasukkan username : admin dan password : admin (default) dan berikut tampilan awal kita masuk


3. Kita ubah ip address, subnetmask, serta gateway dan kita sesuakan subnetnya sesuai dengan sumber internet (router/modem). Disini sumber internet saya berasal dari router dan ip addressnya : 123.11.11.1 , maka ip address tersebut saya jadikan gateway dan saya memasukkan ip address uyang masing satu subnet dengan ip address tersebut /28 --> 255.255.255.240.


Apabila berhasil akan muncul tampilan seperti berikut :


4. Karena ip pada TP-Link sudah diganti, maka kita ganti juga ip address pada laptop dengan ip address yang satu subnet dengan TP-Link tadi. Ip address TP-Link saya 123.11.11.4 dan ip address tersebut saya jadikan gateway, contohnya seperti berikut :


5. Kita masuk ke menu wireless --> Basic Settings --> Tentukan SSID (sesuai keinginan kita) --> Regions (sesuaikan dengan tempat kita) --> pilih channel --> pilih  mode --> Save.


Apabila kita berhasil akan muncul pemberitahuan succesfully.


6. Kita aktifkan access point dengan klik menu wireless kemudian pilih  [enable] karena kita disini akan sebagai pemancar wifi.


7. Kita masukkan passwordnya dengan ketentuan minimal terdiri dari 8 karakter, jangan lupa disimpan [save].


8. Kita sudah selesai setting TP-Link, kemudian kita hubungkan TP-Link dengan mikrotik dengan menggunakan kabel UTP dan kita tancapkan pada ether4 untuk terhubung ke TP-Link.

9.  Kita connect-kan dengan TP-Link yang kita setting tadi


10. Setelah TP-Link dan mikrotik sudah terhubung kita coba gunakan untuk membuka yahoo.com dan facebook.com



F. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Titik_akses_nirkabel
imanjayoda

G. Hasil dan Kesimpulan

Hasil dari pekerjaan saya ini saya bisa melakukan setting access point dengan menggunakan access point TP-Link. Kesimpulan dari pekerjaan ini kita harus tahu alur pekerjaan yang akan kita lakukan.

Sekian dari saya, terima kasih.

Wassalamualikum wr.wb


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »