Jaringan Wireless Personal Area Network (WPAN) dan Wireless Local Area Network (WLAN)


Assalamualaikum wr.wb

Selamat sore kawan , pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai  jaringan Wireless Personal Area Network atau yang sering disebut dengan WPAN dan WLAN. Baiklah, cekidot !!!

Pengertian WPAN

 WPAN (Wireless Personal Area Network) adalah pengembangan dar jaringan PAN dimana media aliran datanya masih menggunakan kabel, sedangkan WPAN tidak menggunakan kabel. WPAN memilki jaringan yang lebih pendek dibanding WLAN, WMAN, dan WWAN. Contohnya : Bluetooth, Infrared, dan ZigBee.

Kelebihan WPAN

1. Konsumsi daya rendah
2. Mobilitas penggerakan yang tinggi
3. Kemudahan dan kecepatan dalam installasi
4. Fleksibel
5. Biaya rendah
6. Scalable

Kekurangan WPAN 

1. Jarak jangkauannya pendek hanya sekitar 100 m.
2. Data rate rendah IEEE adalah organisasi yang mengatur tentang teknologi WPAN

Karakteristik dari Teknologi WPAN :

Arsitektur Jaringan WPAN
 
Arsitektur WPAN terdiri dari penerima frekuensi radio yang merupakan pengontrol level bawah yang berada pada lapisan fisik, kemudian diatasnya ada lapisan data link (data link layer) yang didalamnya terdapat sub lapisan MAC yang selain berfungsi untuk menghubungkan dengan lapisan fisik juga untuk mengkonfigurasi jaringan .
Lapisan diatas data link adalah lapisan network yang berfungsi mencari jalan untuk pengirim data (message routing) lapisan paling atas dalam arsitektur WPAN adalah lapisan aplikasi yang berfungsi untuk perangkat antara pengguna dan perangkat
 


Pengertian WLAN




WLAN sebenrnya hampir sama dengan LAN . Perbedaanya setiap node pada WLAN merupakan wireless devices untuk berkomunikasi. Node pada WLAN menggunakan channel frekuensi yang sama dan SSID yang menunjukan identitas dari wireless device.

Mode WLAN

·         Adhoc
Adalah mode jaringan WLAN yang sangat sederhana, sebab tidak memerlukan acces point untuk host dapat berkomunikasi . Setiap host cukup memiliki transmitter dan receiver wireless untuk berkomunikasi secara langsung .
·         Infrastruktur
Pada mode infrastruktur acces point mempunyai fungsi melayani komunikasi utama pada jaringan wireless . Acces point menstransmisikan data dengan jangkauan tertentu pada suatu daerah.



Referensi :
http://www.transiskom.com/2013/06/pengertian-wireless-network.html

Sekian dari saya, terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb



 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar