Membuat Ubuntu Server 16.04 LTS (Xenial Xerus) dengan Apache, PHP, MySQL, PureFTPD, BIND, Postfix, Dovecot dan ISPConfig 3.1 "part 1"

Assalamualaikum wr.wb


Haii kawan, kali ini saya akan membuat Ubuntu Server 16.04 LTS (Xenial Xerus) dengan Apache, PHP, MySQL, PureFTPd, BIND, Postfix, Dovecot dan ISPConfig 3.1 .

A. Pengertian

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux  yang berbasis Debian dan distribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Ubuntu 16.04 LTS dirilis pada 21 April 2016.

B. Latar Belakang

Installasi Ubuntu Server 16.04 (Xenial Xerus) web hosting server dengan Apache2, Postfix, Dovecot, Bind dan PureFTPD untuk mempersiapkan untuk installasi ISPConfig 3.1. Sistem yang dihasilakan akan memberikan web, mail, mailinglist, DNS, dan FTP Server. ISPConfig 3 adalah panel kontrol web hosting yang memungkinkan untuk konfigurasi layanan berikut melalui web browser : Apache, Server Mail Postfix,  Courier atau Dovecot IMAP/POP3 Server, MySQL, BIND atau MyDNS nameserver, PureFTPd,  SpamAssassin, ClamAV, dan banyak lagi. Pengaturan ini meliputi instalasi Apache, BIND, dan Dovecot.

C. Alat dan Bahan
  • PC Server
  • Laptop 
  • Terkoneksi dengan jaringan internet
D. Maksud dan Tujuan

Membuat Ubuntu Server 16.04 LTS (Xenial Xerus) dengan Apache, PHP, MySQL, PureFTPd, BIND, Postfix, Dovecot dan ISPConfig 3.1 . ISPConfig 3.1 versi yang saya gunakan saat ini dalam keadaan beta, ISPConfig 3.1 akhir akan tersedia pada bulan Juni 2016. ISPConfig versi lama 3.0.5p9 tidak dapat digunakan pada Ubuntu 16.04 karena tidak kompatibel dengan PHP.
 
E. Tahapan pelaksanaan Kegiatan

1. Lakukan konfigurasi awal , anda bisa buka disini

2. Kita non-aktifkan  AppArmor
AanppArmor adalah ekstensi keamanan (mirip dengan SELinux) yang harus memberikan keamanaan diperpanjang. Anda tidak perlu untuk mengkonfigurasi sistem yang aman, dan biasanya menyebabkan lebih banyak masalah daripada keuntungan (setelah anda melakukan seminggu dari pemecahan masalah karena beberapa layanan tidak bekerja seperti yang diharapkan, dan kemudian anda mengetahui bahwa semuanya ok, hanya AppArmor menyebabkan masalah). Oleh karena itu, saya non-aktifkannya ( ini adalah suatu keharusan jika anda ingin menginstall ISPConfig di kemudian hari).




3. Lakukan sinkronisasi waktu dengan menggunakan NTP


4. Install Postfix, Dovecot, MariaDB, rkhunter dan binutils
Untuk menginstall postfix, kita pelu memastikan bahwa sendmail tidak diinstall dan berjalan. Untuk menghentikan dan menghapus sendmail menjalankan perintah ini :

Apabila hasinya : "Failed to stop sendmail.service: Unit sendmail.service not loaded."

Ok, itu berarti bahwa sendmail tidak dipasang, jadi tidak ada yang dihapus.

Sekarang kita dapat menginstall Postfix, Dovecot, MariaDB (sebagai pengganti MySQL), rkhunter, dan binutils dengan satu perintah :





Selanjutnya, buka TLS/SSL dan penyerahan di Postfix :


Tanda komentar pengajuan dan SMTPs sebagai berikut, tambahkan baris :
-o smtpd_client_restrictions  permit_sasl_authenticated



Setelah itu restart postfix


Kami ingin MySQL untuk  medengarkan pada semua antarmuka, tidak hanya localhost. Oleh karena itu, kita edit /etc/mysql/mariadb.conf.d/50-server.cnf  dan tambahkan tanda # pada baris bind -address = 127.0.0.1



Sekarang kita menetapkan password root di MariaDB . Jalankan :




MariaDB memungkinkan sebuah plugin yang disebut "unix_socket" untuk user root secara default, plugin ini mencegah bahwa user root dapat login ke PHPMyAdmin dan bahwa koneksi TCP ke MySQL bekerja untuk user root. Oleh karena itu, saya kan menonaktifkan plugin dengan perintah berikut :


Masukkan MySQL/MariaDB password root jika diminta.
Kemudian kita restart MariaDB


F. Referensi

https://www.howtoforge.com/tutorial/perfect-server-ubuntu-16.04-with-apache-php-myqsl-pureftpd-bind-postfix-doveot-and-ispconfig/

G. Hasil dan Kesimpulan

Konfigurasi ini merupakan konfigurasi yang masih awal dan masih banyak lagi konfigurasi yang akan dilakukan. Sepanjang konfigurasi ini tidak ada kendala asalkan kita teliti dan tidak ceroboh.

Sekian dari saya, terima kasih.

 Wassalamualaikum wr.wb

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »