How To Install Ubuntu Server 16.04 LTS (Xenial Xerus) On VM Proxmox

Assalamualaikum wr.wb

Hai kawan kali ini saya akan melakukan installasi Ubuntu server 16.04 (xenial xerus).

A. Pengertian
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbsis Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan   yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk  kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu jug tersedia, dan telah dipakai secara luas. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth.

Tujun dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam  filosofi Ubuntu ke dalam dunia perngkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, Tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Shuttleworth mengumumkan pada 21 Oktober 2015 bahwa Ubuntu 16.04 LTS akan disebut Xenial Xerus. Hal ini dirilis pada 21 April 2016. Lingkungan dekstop default terus menjadi Unity 7, dengan opsi untuk Unity 8. Pada bulan Mei 2015, Shuttleworth menunjukkan bahwa Ubuntu 16.04 LTS akan mencakup Unity 8 dan Mir, tetapi bahwa pengguna memiliki  pilihan itu atau Perstuan 7 dan X.org. Ia mengatakan, "Unity 8 akan menjadi pilihan bagi 16.04." Rilis menmbahkan dukungan untuh Chep dan ZFS filesystem, yang LXD hypervisor (menggunakan seccomp) untuk OpenStack, dan Snappy paket akan didukung.


B. Latar Belakang
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbsis Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Ubuntu dirancang untuk  kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu jug tersedia, dan telah dipakai secara luas. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam  filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

C. Alat dan Bahan
1. ISO Ubuntu Server 16.04 LTS (Xenial Xerus)
2. PC Server
3. Virtualisasi Proxmox (karena saya menggunakan Proxmox)

D. Maksud dan Tujuan
Ingin mengerti bagaimana installasi Ubuntu Server 16.04 (Xenial Xerus) serta langkah selanjutnya ingin menegerti konfigurasi server di Ubuntu 16.04 (Xenial Xerus) ini, karena Ubuntu Server 16.04 (Xenial Xerus) tergolong versi baru dri Ubuntu.

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

Langkah pertama harus mengupload ISO Ubuntu Server 16.04 pada server kita terlebih dahulu dan kemudian kita buat VM baru karena saya melakukan installasi Ubuntu Server 16.04 (Xenial Xerus) pada Proxmox . Anda bisa lihat tutorialnya klik disini .

 Setelah  membuat VM,  start VM kita lalu -->console , maka akan muncul tampilan untuk memilih bahasa. Pilih "English"  lebih baik anda melakukan installasi menggunakan bahasa Inggris. Tekan enter untuk lanjut ke proses berikutnya

Pilih  "InstallUbuntu Server" tekan enter


Anda diminta untuk  memilih bahasa lagi , pilih " English - English" tekan enter


Kemudian pilih lokasi anda. Pengaturan lokasi penting untuk layout keybord, lokal dan zona waktu dri server anda. Untuk Indonesia ada di "other"


 Kemudian ada di "Asia"


Kemudian pilih Indonesia

Pilih "United States   - en_US.UTF-8" --> tekan enter


Anda memiliki pilihan untuk membirkn installer ubuntu mendeteksi lyout keyboard secara otomatis dengan memilih "yes" . Namun saya pilih "no" saja




Kemudian akan terjadi proses , tunggu proses hingga selesai


Kemudian muncul pemberitahuan "kalau jaringan anda tidak menggunakan protokol DHCP.  Kita pilih <continue>


Kita pilih "Configure network manually" untuk mensetting IP secara manual


Masukkan IP yang satu subnet dengan IP Vlan. Misalnya punya saya 192.168.22.3/24, jangan lupa diberi prefix, agar anda tidak perlu memasukkan subnetmasknya kembali.




Masukkan hostname sesuai yang anda inginkan


Kemudian and diminta untuk memasukkan domain, misalnya punya saya "sakti.sch.id"

Selanjutnya anda diminta untuk membuat user baru

Masukkan password untuk user tadi



Muncul tampilan untuk meminta persetujuan kepda anda , apakah and akan mengenkripsi direktori home ? pilih "No"


Akan terjadi proses , tunggu hingga selesai




Konfigurasi zona wakyu , sesuaikan dimana anda berada


 Pada partitions disk , pilih "Guided - use entire disk and set up LVM"



Pilih yes

Pilih continue

Pilih yes


Tunggu proses yang berjalan

Pilih continue

Setelah da sedikit proses , tunggu sebentar
Selanjutnya pilih "Install security update automatically"



Pilih pada "Stndrd system utilities" dan "Open SHH server"










Pilih yes






Silahkan pilih <continue>







Silahkan login dengan user yang telah anda buat tadi.

F. Referensi
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Ubuntu_releases
https://www.howtoforge.com/tutorial/ubuntu-minimal-server-install/

G. Hasil dan Kesimpulan

Installasi Ubuntu Server 16.04 LTS (Xenial Xerus) hmpir mirip dengan installasi Debian Server 8.3. Installasi Ubuntu Server 16.04 cukup mudah namun juga butuh ketelitian saat installasi.

Sekian dari saya, terima kasih

Wassalamualaikum wr.wb 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »