Kali ini saya akan berbagi mengenai "menejemen proyek , SOP dan K3 memanjat tower .
Untuk SOP dan K3 anda dapat lihat disini :
http://pujir22.blogspot.co.id/2016/04/sop-dan-k3-memanjat-tower.html
A. Pengertian
Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan , pengorganisasian , penggerakan serta pengendalian , untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek . Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu , dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan) untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik , dan pada umumnya untuk menghasilakn sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah .
B. Prinsip Umum Menenjemen Proyek
George R. Terry telah merumuskan fungsi-fungsi tersebut sebagai POAC ( Planning , Organizing , Actuating dan Controlling)
- Planning (perencanaan)
- Organizing (pengorganisasian)
- Actating (penggerakan)
- Controlling (Pengendalian)
Pada proses planning perlu diketahui hal-hal sebagai berikut:
- Permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia.
- Cara mencapai tujuan dan sasaran dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia.
- Penerjemahan rencana kedalam program-program yng kongkrit.
- Menetapkan jangka waktu yang dapat disediakan guna mencapai tujuan dan sasaran.
- Menjamin terpeliharanya koordinasi dengan baik
- Membantu pimpinannya dalam menggerakkan fungsi-fungsi manajemen
- Mempersatukan pemikiran dari satuan organisasi yang lebih kecil yang berada didalam koordinasinya.
- Koordinasi vertikal (menggambarkan fungsi komando / dengan pimpinan)
- Koordinasi horizontal (menggambarkan interaksi satu level/dengan teman sekelompok)
- Koordinasi diagonal (menggambarkan interaksi berbeda leveltetapi keluar dan fungsi komando/interaksi pegawai perusahaan dengan pelanggan)
4. Controlling adalah kegiatan yang dilakukan untuk menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai rencana . Pada tahapan ini pengendalian dialakukan secara berjenjang , terjadi koordinasi antara anggota/staf dan pimpinan. Mereka bekerja sesuai dengan tugas masing-masing dan bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing dan saling bekerja sama . Sehingga tahap-tahap pencapaian sasaran yang telah direncanakan dapat dipenuhi .
Ruang lingkup kegiatan controlling mencakup pengawasan atas seluruh aspek pelaksnaan rencana , antara lain :
- Produk pekerjaan , baik secara kualitatif maupun kuantitatif
- Seluruh sumber-sumber daya yang digunakan (manusia, uang, peralatan, bahan)
- Prosedur cara kerja
- Kebijaksanaan teknis yang diambil selama proses pencapaian sasaran
- Merupakan suatu kegiatan
- Memiliki sasaran dan kriteria yang jelas
- Anggaran biaya sudah ditentuakan
- Waktu pelaksanaan sudah titetapkan dan sudah pasti
- Tidak berulang-ulang/ tidak rutin
- Bersifat sementara
- Menggambarkan realitas situasi pengambilan keputusan
- Kapabel untuk dilaksanakan
- Fleksibel dalam menghasilakan produk yang diharapkan
- Mudah diimplementasikan
- Cos effectiveness
- https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_proyek
- Konsepsi manajemen proyek
Wassalmualaikum wr.wb